Rabu, 19 November 2014

Kemenyan Sumatra di Bali

Penyimpanan dan pengeringan getah kemenyan
Kemenyan sejak dahulu kala sudah dipakai oleh manusia dalam hal pengawetan, sembahyang, aroma terapi dan lain-lain. Seiring perkembangan zaman maka pengolahan kemenyan untuk produk-produk kecantikan pun semakin banyak ditemukan. Saat ini kemenyan banyak dipakai sebagai unsur utama pembuatan parfum/kosmetik, media penyembuhan di spa-spa bahkan untuk pabrik rokok kemenyan dipakai untuk pengharum tembakau.

Kemenyan terbaik berasal dari Sumatra Utara yang tersebar di beberapa kabupaten seperti Humbang Hasundutan, Pakpak, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan. Untuk produk kemenyan dari Sumatra Utara kebanyakan dipakai untuk bahan pengharum tembakau dan untuk ini banyak dikirim ke Jawa Tengah. Dan untuk pasar internasional kebanyakan dikirim ke Singapura. Selanjutnya didistribusikan ke seluruh dunia oleh pengusaha-pengusaha Singapura dengan harga yang jauh lebih mahal. Sehingga manisnya kemenyan justeru lebih banyak dinikmati oleh pengusaha luar negeri.

Penyadapan getah di hutan
Untuk produk sembahyang banyak dipakai oleh masyarakat beretnis Tionghoa, Bali dan sebagian kecil dipakai oleh kalangan gereja Katolik maupun pelaku spiritual.

Untuk lebih menyebarkan produk kemenyan berkualitas tinggi,khususnya di Bali maka UD. Tobali Sejahtera berinisiatif menjadi penyalur kemenyan dalam bentuk masih mentah belum diolah menjadi dupa. Sekaligus menerapkan misi untuk membantu memasarkan produk petani dari sekitar daerah Tapanuli.

Untuk pemesanan produk ini bisa menghubungi nomor telepon 081284250656

Tidak ada komentar: