Sabtu, 31 Oktober 2009

Kombes W. Marpaung - Perwira rendah hati


Kombes Pol. W. Marpaung, SH, pertama sekali bertugas di Polda Bali sebagai Direktur Reserse dan Kriminal. Dan setelah bertugas selama kurang lebih 2 tahun 4 bulan, Kombes Marpaung telah menunjukkan berbagai prestasi dalam pengusutan beberapa kasus-kasus besar yang terjadi di Kepolisian Daerah Bali baik yang berskala lokal maupun kasus yang berhubungan dengan masyarakat internasional.
Namun di balik prestasi gemilang yang ditunjukkan, Kombes Marpaung memiliki pribadi yang bersahaja dan memiliki hati yang melayani khususnya komunitas Batak di Bali. Sangat jarang seorang pejabat yang begitu sibuknya mengurus instansinya bisa melakukan hal seperti ini. Sesaat setelah bertugas di Polda Bali, Kombes Marpaung dengan rendah hati bersedia menjadi Ketua Panitia Bona Taon Punguan Sonakmalela dan dilanjutkan pada pesta tahun berikutnya. Kalau dilihat dari jabatan yang diembannya, adalah sangat mustahil seorang Perwira bersedia direpotkan dengan urusan-urusan kecil seperti ini. Namun karena hati yang melayani yang dimiliki beliau, hal itu diembannya sehingga memberikan contoh kepada segenap orang Batak khususnya Punguan Sonakmalela di Bali.
Dan bukan hanya itu, Kombes Marpaung adalah salah satu sosok yang berhasil mempersatukan Suku Batak di Bali. Beliau adalah salah satu di balik berdirinya Ikatan Keluarga Batak di Bali (IKB-B) disamping MayJen TNI. Hotmangaraja Panjaitan dan Brigjen Pol. Antonius Sitanggang yang menjadi Pelindung IKB-B. Dan terakhir sebelum masa jabatannya berakhir di Polda Bali, Beliau masih bersedia menjadi Ketua Panitia Pesta Huria HKBP Denpasar.

Dalam acara perpisahan yang baru-baru ini dilaksanakan oleh Jemaat HKBP dan Punguan Sonakmalela Denpasar-Bali terungkap kesan-kesan yang sangat baik dari beberapa perwakilan yang memberikan komentar terhadap kehadiran Kombes Marpaung beserta keluarga ke Bali. Semuanya menyatakan kebanggan terhadap kerendahan hati dan sikap yang melayani yang dimiliki beliau. Dan juga terungkap rasa kehilangan karena harus ditinggalkan untuk menduduki jabatan baru di Mabes Polri sebagai Kepala Badan Trans National Crime Bareskrim Polri.
Dari sikap yang telah ditunjukkan beliau selama ini, semoga bisa ditiru oleh Halak Batak khususnya, untuk bisa melayani punguan-punguan kecil dan gereja. Kepemimpinan yang dimilikinya semoga bisa diikuti oleh orang-orang yang sempat bekerja dengan beliau dan juga penerus-penerus sesudahnya terlebih organisasi Batak IKB-B sehingga keberadaan organisasi ini semakin lestari dan diterima oleh kalangan Batak sendiri yang masih apatis dengan organisasi ini.
Selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru, semoga semakin bersinar dan menjadi panutan bagi atasan dan bawahan. Sampai jumpa lagi dengan Pangkat dan Jabatan yang Baru.

Tuhan memberkati selalu.


DOKUMENTASI PERPISAHAN DENGAN SONAKMALELA DENPASAR
















1 komentar:

SweetMelody mengatakan...

My hello from France! After having visited your blog, I e could go without comment. I congratulate you on your blog!
Maybe I would have the opportunity to welcome you on mine too!
Have a nice day
cordially
Chris
http://sweetmelody87.blogspot.com/
http://amirajohara90.blogspot.com/