Selasa, 06 Oktober 2009

Ultah-IKB Bali

Sabtu, 26 September 2009
Pada tanggal 26 September 2009 bertempat di Gedung Korem Udayana Denpasar Bali, Ikatan Keluarga Batak di Bali (IKB-B) merayakan hari jadinya yang pertama. Acara yang dihadiri berbagai puak/etnis Batak yang berada di Bali cukup membuat kerinduan terhadap kampung halaman terobati. Hal ini dikarenakan acara diisi dengan kebudayaan berupa lagu dan tarian dari semua etnis Batak di Bali.


Keberadaan Orang Batak di Pulau Bali tidaklah secara pasti diketahui, namun diperkirakan bahwa Orang Batak sudah eksis di Bali sejak beberapa dekade lalu. Hal ini diketahui pasti dengan berdirinya Gereja HKBP di sekitar komplek Angkatan Darat. Kemungkinan karena banyaknya pada saat itu Orang Batak yang bertugas di militer maupun birokrasi. Sejak saat itu keberadaan Orang Batak semakin kompleks dengan kehadiran etnis lainnya seperti Karo, Simalungun, Angkola, Mandailing dan Pakpak, Dairi.

Orang Batak sendiri dari segi sosial bergerak di berbagai bidang. Ada yang di birokrasi, militer, bisnisman, artis penyanyi dan pekerja swasta. Sehingga dengan semakin banyaknya Orang Batak, perlu diwadahi dalam suatu bentuk organisasi yang resmi dan diakui oleh pemerintah daerah Bali. Hal inilah salah satu yang menjadi alasan berdirinya organisasi kemasyarakatan ini. Disamping kecintaan para tokoh-tokoh berpengaruh yang memandang perlunya suatu organisasi yang melindungi kepentingan orang Batak di Bali ini.





SELAMAT ULANG TAHUN yang ke-I IKB-B BALI Semoga bisa melestarikan budaya Batak di negeri orang.(RDN)