Kamis, 03 November 2011

Dukung Otorita Danau Toba

Sebuah forum di jejaring sosial facebook yang menggagas dijadikannya kawasan danau Toba menjadi sebuah kawasan yang mendapat perhatian khusus/otorita. Adalah seorang tokoh Samosir, Efendy Naibaho yang memiliki gagasan ini. Efendy Naibaho, seorang mantan wakil rakyat sudah menunjukkan komitmen dan atensi terhadap kelestarian Danau Toba sejak beberapa tahun lalu. Beliau berhasil menggalang massa lewat milis dan jejaring sosial untuk mengadakan pembersihan sekitar pantai danau yang indah ini. Untuk mencapai cita-citanya, maka beberapa saat yang lalu beliau menciptakan sebuah Group Dukung Otorita Danau Toba di Facebook. Sebelumnya juga Efendy Naibaho sudah aktif di Gerakan Peduli Danau Toba dan memiliki Yayasan Pusuk Buhit. Kelompok/forum ini adalah kumpulan orang yang perduli terhadap kawasan Danau Toba yang terdiri dari banyak Kabupaten semisal, Tobasa, Karo, Simalungun, Humbang Hasundutan.

Dalam waktu tidak beberapa lama, sudah bergabung banyak intelektual yang berasal dari daerah-daerah kawasan Danau Toba ini, semisal Jansen Sinamo yang dikenal sebagai Guru Etos Kerja. dan dalam waktu dekat Forum Dukung Pembentukan Otoritas Danau Toba ini akan segera dibadan hukumkan dalam bentuk Lembaga Swadaya Masyarakat.

Berikut ini kutipan dari keperduliannya.

Danau Toba sekarang menangis, banyak bebannya. Salah satu upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah dengan membentuk sebuah otorita, namanya Otorita Danau Toba. Otorita ini nantinya yang mengelola kebijakan menyangkut danau tersebut, pemakaian air, penggunaan, pemeliharaan dan lainnya yang berhubungan dengan Danau Toba dengan segala luasan dan masalahnya.

Otorita Asahan yang sudah ada, sudah waktunya juga ruang lingkup kerjanya diambil-alih Otorita Danau Toba ini sehingga masalah dan permasalahan Danau Toba semakin ter-cover.   

Ayo kita dukung Pembentukan Otorita Danau Toba dengan meng-klik setuju terhadap grup ini dan menyurati pemerintah dengan lembaga, yayasan, forum atau apapun  namanya milik siapapun yang Cinta Danau Toba.

Yayasan Pusuk Buhit yang kami kelola, sudah menyurati Presiden RI dan Ketua DPR RI terkait Danau Toba ini. Surat terbukanya bisa diklik di http://www.facebook.com/groups/235049773216961/doc/235054519883153/www.pusukbuhit.com sedang Forum Peduli Danau Toba yang juga kami kelola, sudah pernah membuat acara Bersih-bersih Danau Toba dengan para fesbuker sebagai relawannya. 

Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Salam Danau Toba


Efendy Naibaho

mobile: 0819 600 0819
            0812 64 19 1119

telefon: 061 - 732 56 32
            0626 - 20019

email: efendynaibaho@ymail.com
======================================================================

forum peduli danau toba ini adalah forum bagi siapa saja yang peduli terhadap danau toba: rakyat, ekosistem, pariwisata, budaya, ekonomi, sarana & prasarana dan lain-lain yang berhubungan dengan danau toba.

danau -- luasnya 110.260 ha-- ini dimiliki kabupaten samosir, humbang hasundutan, toba samosir, tapanuli utara, simalungun, karo, dairi di provinsi sumatera utara, indonesia.

ada sekitar 656.872 jiwa penduduknya yang bermukim di perairannya atau di kawasan ekosistemnya.

bagaimana agar danau toba ini benar-benar bisa maksimal untuk hidup dan kehidupan kita? kami usulkan dan berupaya agar danau toba dijadikan sebuah otorita dengan mengusulkan ruu otorita  danau toba.

pengajuan ruu tersebut ada dua: lewat pintu dpr dan rakyat. kalau rakyat, dibuat dulu seminar dan ada kertas kerja dari sebuah universitas.

syukur2 usu atau universitas hkbp nommensen atau universitas simalungun mau melaksanakannya.

mengapa harus uu? kalau perda provinsi, anggarannya akan terbatas dari apbd provinsi, juga kalau perda kabupaten. kalau uu, anggarannya dari apbn.

ayo, kita selamatkan danau toba.

salam,

efendy naibaho

Tidak ada komentar: