Kamis, 13 Oktober 2011

Arsik - Masakan Asli Tapanuli

Arsik adalah masakan asli dari Tapanuli. Saya sangat menyukai jenis masakan ini dan saudara perempuan saya adalah salah satu orang yang piawai dalam mengolah masakan ini. Sebagai penentu seseorang yang pandai mengolah masakan ini adalah jika tulang ikan mas yang dimasak akan terasa lembut sewaktu dikunyah. Masakan ini menjadi menu wajib dalam pesta adat Batak maupun acara keluarga di saat mengadakan pertemuan semacam arisan atau menjamu keluarga yang berkunjung ke rumah. Meskipun tidak semua orang menyukainya itu dikarenakan ketidak tahuan akan manfaat yang dikandung masakan ini.

Kenapa dengan arsik dan apa pengertian dari arsik? Arsik itu lebih kepada proses pemasakannya yang mana prosesnya bisa memakan 3-4 jam dengan api sedang hingga air yang dikandung akan semakin mengering dan diresap oleh bahan. Dan pada tahap mengering inilah istilah arsik itu berlaku karena kata arsik itu diambil dari 'marsik' yang artinya mengering.


Tahukah Anda bahwa Arsik adalah salah satu makanan tradisional yang paling menyehatkan? Kenapa? Karena Arsik mengandung 'sanggar-sanggar' atau yang lebih dikenal sebagai lemongrass (cymbopogon citratus) yang banyak mengandung manfaat seperti, mengurangi kolesterol, asam urat, lemak jenuh, insomnia, masuk angin dan masalah kewanitaan serta masih banyak lagi. Selain tumbuhan ini, arsik juga mengandung banyak rempah-rempah yang sangat bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh. Tapi sekarang kita tidak membahas manfaatnya dulu namun membagi resep dari pada masakan ini.


Bahan-bahan tidak disertai takaran karena ibu-ibu akan lebih tahu berapa kilogram yang mau dimasak :)

-ikan mas atau ikan laut atau daging, untuk ikan mas biarkan sisiknya

-kacang panjang, potong 15 cm
-lengkuas
-andaliman sesuai selera
-batang serai ditumbuk dan dibiarkan panjang
-air secukupnya
-kunyit
-jahe
-belimbing
-asam kandis,
-arias atau bongkot

Bumbu halus,
 bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, cabe merah dan garam.
Caranya :
Lumuri ikan dan asam kandis dengan bumbu halus dan masukkan sebagian serai dan kacang panjang ke perut ikan. Sisa serai digunakan untuk mengalasi wajan hingga tertutup alasnya. Masukkan juga semua bahan bahan lain seperti arias (bongkot) dan andaliman. Selanjutnya dimasak dengan api yang tidak terlalu besar dan dibiarkan hingga airnya mengering (marsik-asal kata dari arsik).
Untuk lebih variatif boleh ditambahkan kemangi di atas pada saat masih setengah matang untuk menambah aroma.

Tidak ada komentar: