Selasa, 18 Oktober 2011

Pisang Karamel Bakar

Nah, ini menu penutup yang manis dan baru saja saya dapatkan trainingnya. Pembaca, tahu kan yang namanya pisang emas? Pisangnya tidak begitu besar tapi manis dan akan lebih manis lagi bila dijadikan Pisang Karamel Bakar. Bahannya juga tidak begitu susah untuk didapatkan dan proses pengolahannya sangat mudah dilakukan.

Bahan:

-pisang emas dibelah dua, jumlahnya sesuai selera
-gula pasir
-mentega,
-orange juice 
-rum/alcohol

Cara pengolahan:

Ambil 1,5 sendok makan gula dan panaskan di atas pan hingga meleleh, terus masukkan sekitar 2 sendok teh mentega dan diaduk hingga terjadi karamelisasi. Panas disesuaikan jangan sampai gula gosong karena kepanasan. Sesekali bisa dijauhkan dari api sambil diaduk hingga berubah warna seperti madu. Masukkan pisang yang sudah dibelah, dibalikkan hingga kedua sisinya matang dengan warna kecoklatan. Tuangkan orange juice kira-kira 1 sendok makan dan diaduk pelan supaya pisangnya tetap utuh dan gula dan juice tadi mengental. Orange juice itu seain sebagai penambah cita rasa juga berguna untuk memperlambat pengerasan pada saat karamelisasi. Sekarang, saatnya untuk memasukkan sekitar satu sloki rum di atas pisang dan karamel tadi, siapkan korek api untuk membakar dan wusssssss....terjadi pembakaran hingga kadar alkoholnya hilang. (jika memasak ini di ruang terbuka, pastikan arah angin tidak bertiup ke arah anda dan tangan harus cepat menghindar dari atas panci supaya tidak kena sambar api)

Siap dihidangkan di atas piring dan disantap, eittt.... hati-hati karena panas....jangan lupa tiup ya, wussss....wussssss...wussssss.... :) yummmy......

Catatan: Penggunaan alkohol tidaklah mempengaruhi rasa karena alkoholnya sudah terbakar. Adapun peruntukannya adalah untuk sekedar 'show' bila makanan penutup (dessert) ini dihidangkan di restoran (Banana Flambe)

Tidak ada komentar: